Kamis, 11 September 2014

5 keberhasilan Pria Dalam Falsafah Jawa

Salam sejahtera sobat.
Saat baca falsasah Jawa dalam menelisik kehidupan masyarakat Jawa dari segi budaya dan falsafahnya memang sangat banyak dan beragam bentuknya. Semua hal yang berhubungan dengan kehidupan manusia digambarkan dalam satu simbol filosofi kehidupan. Termasuk dalam tolok ukur keberhasilan seseorang baik pria maupun wanita, semuanya dibahas berdasarkan filosofi yang dianut oleh orang Jawa.
Dulu yang saya tahu mengenai tolok ukur keberhasilan seorang pria dalam masyarakat Jawa (dan hampir semua kaum pria) disingkat dengan istilah 3 ta yaitu harta, wanita dan tahta.Jika seorang pria telah memiliki ketiganya maka sudah bisa dibilang bahwa pria tersebut telah berhasil dalam hidupnya. Memiliki harta untuk memenuhi kebutuhan hidup, wanita sebagai pendamping hidup dan tahta sebagai sebuah profesi/pekerjaan juga dapat berapa jabatan untuk kehormatan dan harga diri dalam masyarakat.
Filosofi diatas sampai sekarang nyatanya masih berlaku dalam pandangan masyarakat. Orang akan menganggap seseorang telah berhasil dalam hidupnya jika telah memenuhi tiga hal diatas. Mungkin beberapa dari pembaca juga beranggapan demikian, termasuk saya sendiri menganggap kesuksesan seseorang didunia dapat diukur dari 3 hal tersebut.
Selain 3 ta yang sudah lazim didengar, ternyata ada pandangan lain yang erat hubungannya dengan kehidupan masyarakat Jawa dalam menilai seorang pria telah berhasil dalam hidupnya. Ada 5 hal yang menjadi tolok ukur keberhasilan pria Jawa yang dikenal dengan istilah klangenan. Dari bahasanya dapat diartikan sebagai hobby, kesukaan. Semakin banyak klangenan yang dimiliki seorang pria, dapat dianggap bahwa pria itu makin sukses, berhasil dan terpandang. Kelima klangenan tersebut yaitu wisma (rumah), curiga (senjata), turangga (kuda), kukila (burung) dan wanita (perempuan).


Wisma (rumah)

Setiap orang pasti menginginkan sebuah rumah sebagai tempat hunian dan berkumpul bersama keluarga. Entah itu kecil, besar, milik ataupun kontrak yang penting memiliki tempat hunian. Kalau dalam budaya Jawa, rumah memiliki beberapa bagian (halaman, pendopo, dapur dsb), namun perkembangannya sekarang rumah-rumah yang hanya memiliki 1 atau 2 ruangan sudah dapat dikatakan sebagai wisma termasuk rumah susun, Apalagi kalau apartemen dan rumah mewah.


Curiga (senjata)

Senjata yang dimaksud adalah senjata pusaka. Orang jawa suka mengoleksi senjata-senjata pusaka seperti keris, tombak dan sebagainya. Namun selain itu, dalam filosofi Jawa, senjata juga dapat berupa ilmu, ilmu agama, pendidikan, kanuragan dan ilmu-ilmu yang berguna untuk melindungi diri dan sebagai senjata dalam menghadapi berbagai tantangan dalam hidup. Boleh sobat periksa, kebanyakan para pejabat dan orang-orang terkemuka baik didaerah maupun nasional, mereka ternyata menyimpan barang-barang yang disebut benda pusaka


Turangga (kuda)

Jaman dulu, kuda digunakan sebagai kendaraan. Namun jika diimplementasikan sekarang tentunya sudah tidak cocok lagi (ntar dikira pak kusir malah). Namun nilai filosofis yang ada adalah sebagai kendaraan. Sekarang turangga bisa berupa motor, mobil, helikopter dan sejenisnya yang dijadikan kendaraan. Semakin bagus kendaraan yang dipakai, semakin tinggi pandangan masyarakat pada orang tersebut. Minimal sekarang Grand LIvina Ultimate, hihihi


Kukila (burung)

Orang Jawa sangat hobby dengan burung dan gemar memelihara burung (perkutut, kepodang, dsb). Kegemaran dengan burung ini juga merupakan kebanggaan tersendiri bagi pria Jawa karena tidak semua bisa dan mampu memelihara burung. Pada masyarakat sekarang kukila ini sudah bukan lagi burung yang dapat terbang dan berkicau, namun sudah berubah menjadi burung berteknologi (ipad, gadget, blackberry dan sejenisnya).Kalau saya sih cukup note 2, hihihi ini aja. Kukila juga bisa diartikan sebagai hobby yang jarang dilakukan orang lain (lain dari yang lain mungkin maksudnya).


Wanita (perempuan)

Sudah tidak diragukan lagi, setiap pria pasti menginginkan seorang wanita(cantik dan manies pastinya)hohohoo :D. Kecuali dia tidak normal (gay). Dari empat klangenan diatas tujuannya adalah klangenan yang kelima yaitu wanita. Memiliki rumah mewah, kendaraan bagus, pendidikan tinggi, properti mahal (gadget, BB, NOTE2 n DLL) akan dengan mudah untuk mendapatkan seorang wanita. (wanitanya dalam tanda kutip "matre"). Tapi kalau wanita itu mikir, memang pria seperti itulah yang diharapkan.
Tapi hati-hati buat para pria yang sudah memiliki empat diatas, kehadiran wanita dapat menghancurkan empat yang sudah dimiliki jika salah memilih. 
Wanita terbaik adalah wanita ramah dan cerdas serta memiliki etika sopan santun pengertian yang mau menerima kita apa adanya.

semoga bermanfaat bagi pria Jawa jawi di sini yang Mapan dan Sukses. hahaha :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar